IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH

Label: ,


Ikatan pelajar muhammadaiyah (IPM) adalah sebuah organisasi ortonom persyarikatan muhammadiyah yang merupakan gerakan islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di kalangan pelajar, berakidah islam, dan bersumber pada al-qur’an dan as’sunah.


Tujuan ikatan pelajar muhammadiyah adalah terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlaq mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran islam sehingga terwujudnya masyarakt islam yang sebenar-benarnya (pasal 3 AD/ART).


Ikatan pelajar muhammadiyah (IPM) berdiri pada tanggal 18 Juli 1961. Semboyan ikatan pelajar muhammadiyah ada dalam pada surat al-qalam ayat 1 yang berbunyi, “ nuun walqalami wamaa yasturuun.” Yang artinya “nuun, demi pena dan segala yang di tuliskannya.”


IPM memiliki jenjang-jenjang yang bertingkat. Jenjang itu terdiri dari tingkat yang paling tinggi yaitu Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang, dan tingkat Pimpinan Ranting.

Pimpinan Pusat adalah kesatuan wilayah-wilayah dalam ruang lingkup nasional. Pimpinan Wilayah adalah kesatuan daerah-daerah dalam tingkat provinsi. Pimpinan Daerah adalah kesatuan cabang dalam tingkat kabupaten/kotamadia. Pimpinan Cabang adalah kesatuan ranting-ranting dalam satu kecamatan. Sedangkan Pimpinan Ranting adalah kesatuan anggota-anggota dalam satu sekolah.



 
PC IPM Tebet Raya © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter Edited by Aziiikz